1. Mengapa manajemen pemasaran disebut juga sebagai manajemen permintaan?
Manajemen pemasaran adalah suatu analisis,
perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang
untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat
dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Manajemen pemasaran
berusaha mempengaruhi tingkat, saat, dan karakter permintaan dengan cara yang
akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran
sering disebut juga dengan manajemen permintaan.
2. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan
konsep inti pemasaran? Jelaskan pendapat saudara minimal 50 kata?
Perbedaan kebutuhan dan keinginan
berdasarkan konsep inti pemasaran. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi
pada seseorang untuk mensejahterakan hidup orang tersebut, kebutuhan pun harus
didukung oleh daya beli contohnya kebutuhan akan sandang, pangan, papan. Sedangkan
keinginan adalah suatu hal yang kita inginkan namun tidak didukung daya beli,
keinginan biasanya bukan suatu hal yang harus dipenuhi, berbeda dengan kebutuhan,
suatu keinginan yang tidak tercapai tidak akan mempengaruhi kesejahteraan
seseorang contohnya seseorang yang ingin membeli handphone keluaran terbaru,
tetapi dia tidak langsung membelinya karena masih ada handphone yang lama atau
ada kebutuhan lain yang lebih penting.
3. Jelaskan dengan singkat apa beda pasar dan
pemasaran?
- Pasar
adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi
penukaran suatu barang, jasa atau pun tenaga kerja dengan sejumlah uang.
- Pemasaran adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang
kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia
4. Sebutkan
dan jelaskan apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran (Marketing Mix)?
Marketing
Mix adalah strategi
pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di
lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam Marketing
Mix itu sendiri. Marketing Mix sendiri didalamnya terdapat beberapa elemen
marketing yang dahulu dikenal dengan unsur 4P , namun seiring berkembangnya zaman makin modern kini ada yang
mengatakan Marketing Mix ada 7P
artinya ada penambahan tiga
strategi lagi.
Unsur –
unsur Marketing Mix baik 4P atau 7P tersebut, berikut disebutkan :
- Product
- Price
- Promotion
- Place
- Partisipant/ People
- Process
Tidak ada komentar:
Posting Komentar